Sebuah Tulisan Pendek di Awal Bulan Oktober

Di awal bulan September aku memutuskan hiatus dari berbagai akun sosial media miliku, baik Facebook, Instagram ataupun Thread. Sebulan itu aku lebih banyak menggunakan WhatsApp, itupun hanya buat keperluan komunikasi kerjaan. 

Sesekali nonton video di YouTube untuk mengatasi rasa bosan dari rutinitas harian. Sekedar dengerin podcast motivasi atau edukasi, ya intinya video-video yang bisa menambah ilmu dan wawasan biar tetep up to date dan tahu perkembangan zaman.

Photo taken by @veririchardo

Hiatus dari Medsos kedengarannya mudah dan terkesannya membosankan.Tapi entah kenapa aku justru merasa jauh lebih bermanfaat karena ada  banyak hal baru yang bisa aku kerjakan di kehidupan nyata. Aku merasa lebih tenang, mindful ketika ngerjain sesuatu, lebih sering berinteraksi dengan diri sendiri dan nggak merasa diburu-buru.

Keputusan untuk menepi sejenak dari hiruk pikuk media sosial bukan hanya sekali ini saja. Sebelumnya juga pernah aku lakukan saat diri ini merasa banyak menghabiskan waktu di sana. Banyak waktu buat scrolling tapi merasa nggak dapat faedah apa-apa. Seringnya malah muncul perasaan overthinking dan insecure karena merasa hidup cuma gini-gini aja, merasa nggak ada apa-apanya dibanding orang-orang di luar sana.

Emang sih kehadiran Medsos ini nggak melulu ngasih dampak negatif, sebenarnya ya masih banyak dampak positif yang bisa dimanfaatkan dengan baik. Mungkin saat ini aku berada di fase lelah dan butuh ambil space sejenak sebelum memutuskan untuk kembali bermedia sosial dengan nyaman dan sehat. 

Photo taken by @yulian.saver

To be honest, aku pun kadang merindukan ke hectic-an saat jadi seorang content creator yang harus riset konten, bikin script, bikin voice over, edit video sampai upload konten di akun Instagram. Bener-bener nggak pernah nyangka ternyata semua itu bisa aku kerjain sendirian. So, do I want to do it again?

Jawabannya, of course! Aku ingin tetap membuat konten-konten yang bermanfaat agar bisa menjadi reminder terkhusus buat diriku sendiri. Sudah jadi rahasia umum kalau konten edukatif  jumlahnya jauh lebih sedikit dibanding dengan konten-konten yang isinya nggak jelas. I don't want generasi muda yang konon disebut sebagai agent of change punya pemikiran-pemikiran sempit yang nggak berkembang.

By the way, balik lagi ngomongin soal detox social media, beberapa minggu terakhir di bulan September kemaren benar-benar lagi suka nontonin channelnya Ric Snt. Entah kenapa akhir-akhir ini lagi excited banget dengan hal-hal yang berbau alam. Tiba-tiba rindu naik gunung, rindu dengan suasananya yang tenang, udaranya yang segar dan tentu saja keindahan alamnya yang masih natural.

Di awal bulan Oktober aku masih belum tertarik untuk kembali aktif di Medsos. Ingin fokus merealisasikan satu per satu to do list yang mungkin belum sempat terealisasi bulan kemarin. Mari mulai melakukan rutinitas-rutinitas yang lebih positif di kehidupan nyata dan manifestasiku di awal bulan ini 'Semoga bisa hiking ke Merbabu suatu hari nanti'. Aamiin

Ditulis oleh: Ellderana | Content Writer

Instagram: @ellderana

Belum ada Komentar untuk "Sebuah Tulisan Pendek di Awal Bulan Oktober"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel